Home

Selasa, 06 April 2010

MENGHARGAI BUKU SEBAGAI JENDELA DUNIA

Membaca adalah kegiatan yang menyenangkan bagi seseorang yang telah mencintai buku. Bahkan pada saat di perjalananpun, buku dijadikan teman perjalanan. Mengutip dari pepatah arab, “Buku adalah teman yang paling baik disetiap waktu”.

Akan tetapi mencintai buku serta mengakrabkan dengannya tentu saja agak sulit. Apalagi orang-orang yang belum pernah mengenyam dunia pendidikan. Harus ada pengenalan dan pembiasaan sejak dari dini. Dengan begitu timbullah sedikit demi sedikit rasa cinta itu tumbuh dengan sendirinya. Karena dengan membaca buku kita dapat mempelajari mulai dari aritmatika, ilmu alam, hingga strategi perang pun bisa kita ketahui.


Kita seharusnya mencontoh ulama besar seperti Imam Ibnu Taimiyah, sosok yang semasa hidupnya sangat lekat dengan ilmu pengetahuan. Pribadi yang sederhana tapi tetap ceria dan selalu bersahaja. Serta semangat untuk membaca sangat tinggi, tak pelak bila beliau mempunyai keilmuan yang tinggi. Dan mungkin dialah yang digambarkan oleh ibnu Qayim dalam sebuah ungkapannya, “Adapun para pecinta ilmu, mereka lebih terpesona dengan buku melebihi terpesonanya seorang laki-laki pada kekasihnya."

Dan karena itu pemerintah seharusnya memberikan subsidi lebih pada buku. Lalu paradigma masyarakat yang menyebut buku itu mahal sehingga memperparah situasi. Semoga dengan buku kita bisa membangun bangsa ini dengan ilmu pengetahuan. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar